Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamaatan - PATEN Kabupaten Siak
Username :
Password :
 

Anda adalah pengunjung Ke : 92699
 
September - 2020
SnSeRaKa JuSaMn
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
 
 

I. GEOGRAFIS

1. LETAK

Kecamatan Dayun terletak antara :
0°33’ - 0°44’ Lintang Utara
101°51’ - 102°21’ Bujur Timur
dengan luas wilayah + 137.322.137 Ha


2. BATAS
Kecamatan Dayun berbatasan dengan :

  • UTARA : KECAMATAN MEMPURA,
  • SELATAN : KECAMATAN KERINCI KANAN, KABUPATEN PELALAWAN
  • BARAT : KECAMATAN LUBUK DALAM, KECAMATAN KOTO GASIB, KECAMATAN KERINCI KANAN,
  • TIMUR : KECAMATAN SUNGAI APIT.

3. GEOLOGI

Wilayah kecamatan Dayun seperti pada umumnya wilayah Kabupaten Siak terdiri dari dataran rendah dan berbukit-bukit dengan struktur tanah pada umumnya terdiri dari tanah podsolik merah kuning dari batuan dan aluvial serta tanah organosol dan gley humus dalam bentuk rawa-rawa atau tanah basah.

II. PEMERINTAHAN

Terbentuknya Kecamatan Dayun sebagai institusi eksekutif yang berperan menjalankan roda pemerintahan dan pemberdayaan serta pembangunan masyarakat merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah otonomi Kabupaten Siak, merupakan aspirasi masyarakat yang bermanfaat untuk mempermudah masyarakat dalam hal pelaksanaan kepengurusan administrasi serta lebih memperdekat antara pemerintah dengan rakyat yang diperintahnya.

Kecamatan Dayun yang posisi pusat pemerintahannya ada di Desa Dayun yang kurang lebih jaraknya 21 km dari pusat pemerintah Kabupaten Siak yang dapat ditempuh melalui darat.

Kecamatan Dayun merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Siak yang dimekarkan menjadi empat kecamatan yaitu Kecamatan Dayun, Kecamatan Tualang, Kecamatan Kerinci Kanan dan Kecamatan Siak yang dilaksanakan pada tahun 2001 berdasarkan pada Perda No. 13 Tahun 2001 yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Siak. Tujuan pemekaran ini adalah untuk mempermudah masyarakat juga pemerintah dalam menjalankan hubungan administrasi, serta mempermudah jangkauan pembangunan dan pemerintahan kecamatan. Dengan demikian potensi yang ada di kecamatan ini secara tidak langsung lebih terangkat dengan jangkauan pemerintah yang lebih dekat, jangkauan pembangunan yang lebih baik dibandingkan dengan pemerintah yang lama.

Kecamatan Dayun secara umum berada pada daerah datar dan sedikit berbukit dengan mayoritas sektor pertanian didominasi oleh perkebunan kelapa sawit, daerah ini juga terkenal sebagai salah satu penghasil minyak dengan lapangan minyak zamrudnya dan juga obyek wisata danau pulau besar.